ANALYSIS OF THE EFFECT OF DIGITAL MARKETING STRATEGY ON PURCHASE DECISIONS AT ALFAMART AND INDOMARET

Main Article Content

Safira Ayulianti Safira
, Andhatu Achsa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian di Alfamart dan Indomaret. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Variabel penelitan yang digunakan berupa variabel bebas atau independen dan variabel terikat atau dependen yaitu digital marketing dan keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian meliputi seluruh konsumen pada Alfamart dan Indomaret yang berada di Pulau Jawa dengan memiliki kriteria-kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan 100 responden dan diolah menggunakan SPSS versi 22 dan data sekunder diperoleh dari laporan tahunan perusahaan alfamart dan indomaret. Data yang diperoleh  dianalisa menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Heterosedastisitas, Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji T (parsial) dan Uji koefisien determinan dengan bantuan SPSS. Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dalam strategi digital marketing terhadap keputusan pembelian di Alfamart dan Indomaret.

Article Details

Section
Articles